Menginap di Yabbiekayu

Ada banyak pertimbangan dalam memilih penginapan ketika berlibur. Salah satunya adalah review dari para pengguna sebelumnya. Saya kerapkali membaca dengan cermat tiap review yang dituliskan untuk menguatkan pilihan saya terhadap satu tempat. Pengalaman-pengalaman sebelumnya yang hanya mengandalkan lokasi, foto, dan harga ternyata cukup mengecewakan.

Beberapa kali, ketika liburan saya mendapatkan tempat menginap yang tidak sesuai dengan harapan, salah satunya adalah ketika tahun lalu saya pergi ke Bangkok. Saya mengabaikan review yang menuliskan tentang tidak berfungsinya lift hotel di malam hari dari seorang konsumen. Dan ternyata, di kemudian hari justru menyusahkan saya.

Belajar dari kesalahan tersebut, akhirnya setiap kali berpergian dan memilih hotel, review pengguna menjadi salah satu pertimbangan utama. Nah, akhir bulan lalu ada kesempatan buat trip 1 hari ke Yogyakarta. Kali ini karena tujuan tripnya untuk beristirahat, saya memilih untuk menginap jauh dari pusat kota, maka dipilihlah Yabbiekayu Eco-Homestay. Kenapa Yabbiekayu? Karena 94% reviewer memberikan nilai excellent untuk Yabbiekayu. Lebih lengkapnya bisa dilihat di sini

Yabbiekayu Eco-Homestay ini terletak di Jalan Parang Tritis, Sewon, Bantul. Sekitar 30 menit dari pusat kota atau dari Malioboro. Kalau dengan kecepatan saya nyetir sik sekitar kurang lebih 45 menit lah. 🙂

Konsep Yabbiekayu,  sesuai dengan namanya adalah homestay yang dekat dengan alam. Letaknya ada di tengah-tengah persawahan, dengan bungalow-bungalow joglo yang sangat cantik.  Pemandangannya juga luar biasa. Kebetulan kemarin dapat previllege update kamar sehingga bisa menempati 1 Joglo, yang terdiri dari kamar, ruang tamu, ruang bersantai, dan kamar mandi.

Karena konsep eco homestay, semua kamar yang ada di Yabbiekayu tidak menggunakan alat pendingin ruangan. Tapi tenang saja, karena tidak akan merasa gerah atau panas sama sekali. Mungkin karena semua bungalow terbuat dari kayu sehingga mampu menyerap udara panas. Selain itu Yabbiekayu terletak di area persawahan, sehingga udara segar dapat mengalir melalui jendela-jendela yang besar kapan saja. Tiap kamar tidur juga dilengkapi dengan kelambu untuk mengusir serangga atau nyamuk. Kalau pas cuaca lagi beruntung, bisa banget lihat bintang-bintang bersinar cerah di malam hari.

Saking nyamannya, menginap semalam di Yabbiekayu membuat saya tidak banyak memegang gadget. Saya benar-benar bisa beristirahat dengan nyaman. Hanya sempat mengambil beberapa foto saja. Makanya foto-foto yang didapat pun minimalis sekali.

Malam harinya, alih-alih mencari keramaian, saya justru menikmati malam sambil mendengarkan bunyi jangkrik di teras bungalow sambil memandang bintang-bintang yang entah kenapa malam itu terasa sangat terang sekali.

Menginap di Yabbiekayu memberikan pengalaman yang berbeda. Jika sebelumnya preferensi hotel adalah yang dekat dengan pusat keramaian, tapi ternyata menginap di pedesaan pun cukup menyenangkan. Dan sesuai dengan review yang saya baca di tripadvisor, Yabbiekayu memang excellent. Pilihan tempat untuk menginap dan beristirahat. Kapan-kapan pengin ke sini lagi deh

Note:

  1. Lokasi Yabbiekayu ada di Jalan Parangtritis, Tembi, Sewon, Bantul, Yogyakarta. Jangan kuatir tersesat. Staff-staff Yabbiekayu akan dengan sangat ramah dan informatif memberikan kita arahan untuk dapat sampai ke lokasi tanpa nyasar.
  2. Hampir semua bahan makanan Yabbiekayu ditanam di kebun mereka sendiri, yang terletak di kanan kiri bungalow. Oiya, semua makanannya enak!
  3. Yabbiekayu mendapatkan penghargaan Certificate of Excellence dati Tripadvisor sebagai Traveller Choice.
  4. Yabbiekayu is amazing stay! Apa yang dikatakan oleh para reviewer itu memang benar adanya, makanya kalau pas mampir ke Yogyakarta, cobalah untuk menginap di Yabbiekayu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s