Sebagai penyuka laut dan senja, tentu saja, pantai menjadi a must visit dalam agenda liburan. Kali ini, saya memilih untuk mengunjungi Karimun Jawa. Selain karena waktu liburnya agak mepet yang cuma 3 hari, Karimun Jawa relatif mudah dijangkau dari Semarang.

One Million View

Biasanya kalau liburan, saya jarang sekali menggunakan jasa travel guide, tapi karena di Karimun Jawa memiliki keterbatasan-keterbatasan tertentu, akhirnya saya memilih untuk bergabung dengan travel guide lokal yaitu Tour Karimun Jawa. Bisa dilihat IG nya di @tkarimunjawa

Tanggal 17 Agustus 2018, saya berangkat dari Semarang pukul 09.00 dengan menggunakan mobil pribadi. Sampai di Pelabuhan Kartini Jepara, pukul 11.00, dan langsung ketemu dengan perwakilan travel guide yang saya sewa. Sengaja memilih berangkat dari Jepara dengan menggunakan Kapal Bahari Express untuk memperpendek jarak tempuh di laut. Dari Pelabuhan Kartini – Pelabuhan Karimun Jawa hanya memerlukan waktu tempuh 2 jam saja. Kapal berangkat pukul 14.00 dan sampai di Karimun Jawa pukul 16.00 tepat.

Itinerarynya ngapain aja?

Hari Pertama

Karena cukup sore sampai di Karimun Jawa, maka hari pertama saya habiskan waktu untuk menjelajah area sekitar hotel tempat menginap yang mempunyai venue langsung ke pantai sembari menunggu senja. Buat saya, senja terbaik itu kalau bisa dinikmati langsung dari pinggir pantai. Mengamati langit berubah warna dari biru menjadi jingga, detik ke detik, siapa tahu jika beruntung akan bisa melihat blue hours. Malamnya, saya memilih untuk berjalan-jalan di sekitar alun-alun Karimun Jawa dan mencoba kafe setempat.

Beautiful Sunset of Karimun Jawa

Hari Kedua – Snorkeling dan Island Hopping

Jadwal hari kedua adalah snorkeling di pulau menjangan besar dan pulau menjangan kecil. Sebenarnya ini kali ke-3 snorkeling yang saya lakukan. Snorkle pertama saya adalah 2 tahun lalu di Gili Lombok, pada waktu itu saya belum bisa berenang, sehingga kurang menikmati karena was-was tidak bisa berenang. Padahal memakai jaket pelampung juga. Kali kedua, di Nusa Penida Bali, tahun 2017 lalu ketika sudah bisa berenang.

Pulang Snorkeling

Selain snorkeling juga diajak untuk island hoping. Pulau-pulau yang dikunjungi selain Menjangan Besar, Menjangan Kecil adalah Cemara Besar, Cemara Kecil, dan pulau Gosong.

Saya benar-benar menikmati aktifitas snorkeling. Di salah satu spot snorkeling, saya bahkan bisa berenang bareng ikan Nemo. Selama snorkeling saya sedikit kuatir kalau kaki katak yang saya gunakan tidak sengaja menyenggol terumbu karang. Karena sekali tersenggol dan patah, untuk tumbuh lagi butuh waktu tahunan. Namun, selama aktivitas para pendamping selalu mendampingi dan mengingatkan untuk menjauh jika saya berenang terlalu dekat dengan terumbu-terumbu karang tersebut. (foto snorkeling tidak bisa ditampilkan ya. hahaha)

Tanjung Gelam

Hari kedua saya benar-benar menghabiskan waktu di atas laut. Singgah ke pulau hanya untuk beristirahat sejenak dan makan siang. Puas banget rasanya.

Hari Ketiga – Tanjung Gelam dan Bukit Love

Tegang Sekaligus Seru

Hari ketiga atau hari terakhir di Karimun Jawa. Karena jadwal kapal pukul 13.00, saya menyempatkan diri untuk berkunjung ke Tanjung Gelam dan Bukit Love yang menjadi trade mark di Karimun Jawa. Pantai di Karimun Jawa rata-rata adalah pantai pasir putih yang sangat cantik. Di Tanjung Gelam, saya bahkan mencoba bermain ayunan di atas laut. Dan ini memberikan sensasi yang luar biasa. Tegang sekaligus seru.

The Island

Sementara di Bukit Love, adalah tempat yang tepat untuk menikmati sekaligus mengagumi pemandangan laut kepulauan Karimun Jawa dari atas bukit. Ketika menciptakan pulau Karimun Jawa, mungkin hati Tuhan sedang gembira ria. The view is incredibly amazing. Sekilas Bukit Love ini mirip dengan Bukit Malimbu di Lombok. Di sini, saya juga bisa menyaksikan gradasi biru laut dan biru langit dengan sangat nyata.

Muka Bahagia bisa Liburan

Saya tidak keberatan untuk menghabiskan waktu lebih lama di Karimun Jawa, sayang sekali cuti dan hari libur terbatas. Ada banyak tempat yang ingin saya kunjungi selain tempat-tempat di atas. Dari cerita ibu saya, yang sudah mengunjungi Karimun Jawa lebih dari 5 kali, dari mulai jaman Karimun Jawa belum dikenal sampai sekarang, ada pulau-pulau yang tak kalah indahnya dengan pulau-pulau diatas seperti Pulau Menyawakan, Pulau Krakal atau Geleyang.

I’ll be back, sooner or later.

Catatan:

  1. Transport: Karimun Jawa bisa diakses dari Semarang dan dari Jepara, dari Semarang ada kapal Pelni dan juga pesawat yang langsung menuju Karimun Jawa. Kapal cepat Bahari Express bisa diakses dari Pelabuhan Kartini Jepara. Ada banyak travel dan bus menuju Jepara.
  2. Akomodasi: ada banyak tipe akomodasi di Karimun Jawa, mulai dari kelas homestay sampai dengan kelas resort, tergantung harga.
  3. Tour Guide: ada banyak travel dan tour lokal yang menyediakan paket tour Karimun Jawa dengan harga bervariasi tergantung pada fasilitas yang diinginkan. Saya merekomendasikan Tour Karimun Jawa, yang merupakan Eco Tour Agency. Mereka punya berbagai macam tour yang ditawarkan. Bisa dihubungi di nomer 085226215014 atau IG @tkarimunjawa. Mereka menawarkan paket tour plus foto. Jadi ga perlu bingung untuk mendokumentasikan liburanmu.
  4. Sun glasses, sun block, topi, baju renang adalah barang-barang yang wajib dibawa. Iya lah liburan ke pantai,masak iya mau pakai high heels.
  5. Jika mabuk laut, sebaiknya minum obat pereda mabuk laut sebelum naik kapal. Karena kadang-kadan ombak bisa jadi cukup besar, tergantung musim.
  6. Cuaca dan angin laut tidak bisa diprediksi, jadi waktu-waktu yang oke untuk mengunjungi Karimun Jawa adalah April – September (maksimal). Karena kapal bisa tidak berangkat dan tertahan di pelabuhan jika angin dan cuaca di laut tidak bersahabat.
  7. Jangan lupa ajak pacar atau pasangan,  biar liburanmu makin aysik.
Advertisements

2 thoughts on “3D2N Bersenang-senang di Karimun Jawa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s