Intramuros: Must Visit Place When in Manila

Punya bucket list tempat-tempat yang ingin dikunjungi? Saya banyak! Salah satu dari sekian banyak tempat yang ingin saya kunjungi adalah Intramuros sebuah distrik tertua di Manila, Filipina.

Dulu, seorang teman pernah bercerita tentang keindahan Intramuros dalam kunjungannya beberapa tahun lalu ke Manila. Saya rekam baik-baik cerita tersebut dan berharap suatu saat saya dapat menikmati keindahan tersebut dengan mata kepala sendiri.

Welcome to Intramuros

Dan Voila, libur lebaran kemarin, saya mendapat kesempatan terbang ke Manila. Selama di pesawat, saya katakan pada teman perjalanan, bahwa Intramuros harus jadi tempat pertama kali untuk dikunjungi di sela-sela agenda kegiatan yang cukup banyak. Nyatanya, bukan cuma satu kali, tapi selama 5 hari di Manila, 2 hari saya menghabiskan waktu di Intramuros, itupun masih belum cukup.

Beruntung hotel tempat menginap, di daerah Ermita, Mabini cukup dekat dengan Intramuros. Hanya perlu jalan kaki sekitar 1,5 km saja.

1,23 Km lagi ke Intramuros!

Nah, tempat-tempat seru apa saja di Intramuros yang wajib dikunjungi? Mari saya bagi

The Chatedral of Manila 

Gereje Khatedral Manila dari Jauh

Gereja yang dibongkar bangun beberapa kali ini merupakan salah satu must visit place di Intramuros. Posisinya cukup strategis karena berada di plaza yang menjadi pusat keramaian. Arsitekturnya memiliki kemiripan seperti gereja-gereja katolik di Eropa. Dengan lonceng yang menjulang tinggi dan kubah besar.  Begitu masuk ke dalam, saya dibuat takjub dengan pilar pilar ala Eropa dan orgel asli.

Interiornya Bagus Banget ya

Di depan katedral ada taman atau plaza yang bisa dipakai untuk duduk-duduk beristirahat. Tempatnya rindang dan sejuk karena dinaungi pohon-pohon tinggi yang dapat menyelamatkan dari udara panas di Manila. Ya, Manila itu jauh lebih panas dari Jakarta.

Casa Manila

Tidak jauh dari The Chatedral of Manila, lebih tepatnya di belakang gereja, tempat lain yang bisa dikunjungi adalah Casa Manila, museum yang menceritakan kehidupan jaman penjajahan Spanyol. Museum dibuka setiap hari jam 12.00 siang.

Tampak Depan Casa Manila, Romantis ya

Gereja San Agustin

Di belakang Casa Manila, ada gereja San Agustin. Dan di sebelah San Agustin ada juga museum. Nah pas kebetulan ada acara pernikahan dan tidak diperbolehkan masuk, saya hanya melihat-lihat dari luar saja. Meskpun begitu, gereja San Agustin ini tidak kalah indah dari Chatedral of Manila

San Agustin Church – Cakep yaks?

Plazuela de Sta. Isabel

Selanjutnya adalah Plazuela de Sta Isabel, terletak berseberangan dang Gereja San Agustin. Plazuela ini semacam sebuah taman memoar Manila. Yang saya suka adalah, ketika duduk-duduk sambil beristirahat, bisa melihat-lihat beberapa bangunan tua ala Spanyol yang masih utuh dan terjaga

Plazuela De Sta Isabel

dan pemandangan di depannya :

Warna warna khas Spanyol ya?

Monumen Presiden Filipina

Monumen Presiden Filipina ini terletak di paling belakang dari Intramuros. Taman kecil yang berisi wajah dan nama-nama presiden yang pernah memimpin Filipina. Wajah-wajah orang yang pernah memimpin Filipina di ukir dalam plat besi dan diberi keterangan.

Numpang Foto di depan Monumen Presiden, siapa tahu jadi Presiden. Lol

Ruins of Puerta De Santa Lucia

Persis di sebelah Monumen Presiden, ada Ruins of Puerta De Santa Lucia. Saya sendiri ga begitu jelas tentang reruntuhan ini. Saya menduga-duga ini adalah reruntuhan gereja. Maklum belum selesai baca keseluruhan sejarah intramuros. Nah karena pas sampe di sini menjelang sore, reruntuhan ini jadi nampak cakep sekali untuk diabadikan.

Reruntuhannya romantis

Dua hari bolak balik Intramuros rasanya masih kurang, karena ga semua tempat bisa dikunjungi. Yha, Intramuros itu luas banget dan saya serta teman perjalanan mengelilinginya dengan berjalan kaki. Ada banyak tempat yang terlewat, dan menjadi pe-er untuk ke depannya bisa dikunjungi seperti Fort Santiago, Padre Blanco Garden, Aduana dan masih banyak lagi. Selama dua hari di Intramuros, saya merasakan bahwa jejak jejak masa lalu adalah jejak yang tidak bisa dilupakan begitu saja, karena masa depan terbentuk  karena masa lalu. Jadi kalau masih suka ingat mantan sampai saat ini, tak mengapalah, mungkin mantan akan membawa kita menemukan pasangan masa depan yang lebih baik. Tsaaaah…..


Catatan:

  1. Perlu diingat Manila cukup panas, jadi sedia payung atau topi. Jangan lupa sunblock.
  2. Jika berniat mengelilingi Intramuros dengan berjalan kaki, pakai sepatu yang nyaman dan ga bikin kaki sakit.
  3. Ada banyak pemandu wisata yang bisa mengantarkan keliling Intramuros dengan berbagai moda, tetapi jangan lupa tanya harga dan tawar. karena mereka pasang harga cukup mahal.
  4. Bawa bekal air putih yang banyak dan pastikan temanmu juga membawa. Jangan sampai satu-satunya air minum yang tersisa dihabiskan sama teman perjalananmu.
  5. Bawa peta intramuros yang banyak disediakan di hotel. Dan buatlah prioritas tempat mana aja yang ingin dikunjungi, karena sekali lagi Intramuros itu sangat luas, kawan!
  6. Makanan. Nah, pastikan sebelum mengunjungi Intramuros, makan dulu yang kenyang. Memang kedai makanan seperti KFC, Jollibee, Seven Eleven dan resto di sekitar Intramuros banyak, tetapi ini bisa ditemui di keramaian seperti di Plaza dekat Chatedral Manila, makin ke dalam makin susah cari tempat makan.

 

 

Advertisements

2 thoughts on “Intramuros: Must Visit Place When in Manila

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s