Kuku Bima Energi Untuk Rawa Pening

Kamis tanggal 20 Juli 2017 kemarin, saya berkesempatan untuk dapat melihat langsung proses pembuatan Iklan Kuku Bima Energi (KBE). Kuku Bima Energi adalagh salah satu produk unggulan PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk. Sama seperti iklan KBE sebelumnya, kali ini tema iklan juga masih mengangkat tentang pariwisata Indonesia. Lokasi yang dipilih adalah Rawa Pening, Ungaran, Semarang.

Karena saya datang pagi, maka saya dapat melihat proses persiapan shooting TVC KBE dari awal, mulai dari setting tempat sampai mempersiapkan talent Iklan tersebut. Oiya Iklan KBE ini dibintangi oleh Ade Rai dan dua talent lainnya. Ternyata Ade Rai mempunyai senyum yang cukup manis lho. 🙂

Ikon Kuku Bima Energi, Ade Rai

Keseluruhan iklan KBE ini bercerita tentang ajakan kepada masyarakat untuk memberikan solusi turun ke lapangan bekerja nyata untuk menyelamatkan sumber air di Rawa Pening sehingga Rawa Pening dapat dikelola lebih baik sebagai potensi wisata.

Kuku Bima Energi sendiri memang identik dengan pariwisata Indonesia, karena mulai tahun 2009 sampai dengan sekarang, dalam mempromosikan produk terbarunya, iklan Kuku Bima Energi juga turut serta mempromosikan wisata Indonesia, seperti Papua, Labuan Baji, Sumatera Utara, Nias, Maluku, NTT, Semarang & Candi Borobudur, Kalimantan, Candi Prambanan, Sumatera Utara dengan Danau Toba, wisata Gunung Merapi, dan Gorontalo.

Nah yang jadi pertanyaan adalah, kenapa sumber air di Rawa Pening perlu diselamatkan? Ternyata, danau seluas 2.700 hektar dan terletak di kaki gunung Merbabu, Telomoyo, dan Ungaran ini sebenarnya memiliki panorama yang sangat indah, namun sayangnya permukaan airnya tertutup oleh Eceng Gendok. Si eceng gondok ini adalah biang pendangkalan permukaan air di Rawa Pening.

Padahal, Rawa Pening seharusnya bisa menjadi wisata air yang tidak kalah dengan danau-danau lain di dunia. Bahkan Irwan Hidayat, CEO PT. Sido Muncul, Tbk, mengatakan bahwa Rawa Pening memiliki potensi wisata air kelas dunia. Bahkan beliau berharap kelak, jika semua gulma eceng gondok sudah bisa dihilangkan, Rawa Pening akan mampu menjadi pesaing dari danau Sun Moon Lake di Taiwan.

Proses Shooting Iklan KBE

Kepedulian PT. Sido Muncul, Tbk terhadap keberlangsungan hidup sumber air dan pengelolaan Rawa Pening menjadi tempat wisata air, telah ditunjukkan sebelumnya oleh pabrik jamu dan farmasi tersebut dengan mengurangi populasi eceng gondok di Rawa Pening dan menjadikannya sebagai sumber energi baru. Sido Muncul juga telah memproduksi wood pellet dari tumbuhan eceng gondok dan dipakai sebagai bahan bakar poiler proses pembuatan jamu.

Pak Irwan Ngobrol sama Nelayan di Rawa Pening

Pak Irwan Nyeritain Tentang Rawa Pening

Bentuk lain dari kepedulian Sido Muncul adalah dengan menghasilkan karya iklan televisi yang mengangkat tentang Rawa Pening, usaha penyelamatan sumber air dan membangunnya sebagai tempat wisata baru. Lewat iklan juga, Irwan Hidayat berharap permasalahan eceng gondok mendapatkan perhatian dari pemerintah da segera diatasi, sehingga tidak hanya Rawa Pening, namun juga danau di seluruh Indonesia bisa menjadi destinasi wisata baru.

Kru Sedang Mempersiapkan Pengambilan Gambar

Wah saya jadi ngebayangin kalau misal Rawa Pening nanti bisa sekeren Sun Moon Lake yang ada di Taiwan itu, saya bakalan jadi pegunjung tetap. Karena selain dekat, udara yang sejuk di sekitar Rawa Pening cocok untuk tempat melepas penat dan mencari inspirasi. Saya juga berharap, pemerintah bisa melihat potensi Rawa Pening. Syukur-syukur nih, besuk Sabtu tanggal 22 Juli 2017 pas pak presidne Jokowi kunjungan ke Jawa Tengah disempetin mampir dan meliha-lihat kondisi Rawa Pening. Hihihihi

Ini Lho Sun Moon Lake itu – Foto diambil dari sini

Advertisements

One thought on “Kuku Bima Energi Untuk Rawa Pening

  1. Pingback: Iklan, Kuku Bima Energi, dan Wisata | seasjourney

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s