Dukungan Sido Muncul Untuk Pendidikan di Indonesia

MOU Sido Muncul dan UMJ

Tanggal 30 Maret 2017 kemarin, saya mendapatkan kesempatan sekali lagi untuk mengunjungi pabrik Sido Muncul, Tbk. Berbeda dengan kunjungan sebelumnya, kali ini berbarengan dengan kunjungan Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Selain melihat lebih detail proses pembuatan jamu dan berbagai uji laboratorium yang ada dalam pabrik, dalam kunjungan hari itu juga dilakukan penandatanganan nota kesepahaman (MOU) antara PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul, Tbk dengan Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Rombongan dari FK UMJ

MOU yang berlaku selama jangka waktu 3 tahun, ditanda-tangani oleh Direktur PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul, Tbk Irwan Hidayat dan Dekan Fakultas Kedokteran dan Kesehatan UMJ dr. Slamet Sudi Santosa M.Ped.Ked  bertempat di Agowisata Sido Muncul, Jl. Soekrno-Hatta Km.28 Klepu Ungaran, Semarang. MOU di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat tersebut dapat membantu pengembangan kurikulum herbal Fakultas Kedokteran dan Kesehatan UMJ, juga saling menunjang dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara.

Dari MOU tersebut, Irwan Hidayat selaku Direktur Sido Muncul mengharapkan bahwa kerjasama antara Sido Muncul dan UMJ akan bisa menjembatani antara dunia pendidikan dan dunia industri agar seiring dan sejalan bersinergi dalam penerapan ilmu dan teknologi untuk kesehatan masyarakat.

Kedepannya UMJ diharapkan dapat memberdayakan kembali bahan-bahan obat anak bangsa kembali kepada anak bangsa yang nantinya akan berdampak pada upaya kesehatan perorangan maupun masyarakat.

Kepedulian Sido Muncul terhadap pengembangan pendidikan di Indonesia ditunjukkan melalui dukungan dan jalinan kerjasama dengan berbagai universitas seperti, Universitas Diponegoro Semarang, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Univeristas Maranatha Bandung dan terakhir dengan Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Dukungan kepada dunia pendidikan ini menjadi salah satu cara Sido Muncul untuk berbagi kepada masyarakat. Seperti yang saya kutip dari ucapan pak Irwan Hidayat kemarin, ‘karena life is sharing. sharing itu bisa membantu banyak orang. Kalau bisa sharing pasti bermanfaat untuk orang lain’

Itu sebabnya, Sido Muncul terus melakukan riset tanaman herbal, karena tanaman-tanaman tersebut dapat mejadi potensi bahan obat di Indonesia dan jamu bisa bermanfaat bagi kesehatan.

Satu yang menjadi catatan saya dalam kunjungan kemarin adalah, bagaimana Sido Muncul menginspirasi masyarakat untuk terus mencari tahu dan menggali ide yang bisa bermanfaat bagi sekitar, karena konon katanya apa yang kita hasilkan, 80% berasal dari ide, sisanya adalah teknologi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s