Solo Traveling atau Group Traveling?

Ini bukan sedang ngiklan

Ini bukan sedang ngiklan

Saya mengenal beberapa kawan yang gemar melakukan perjalanan atau traveling seorang diri. Salah satu teman baik saya, perempuan, sepantaran saya, lebih sering berpergian seorang diri ke berbagai negara. Negara yang terakhir dikunjungi bulan lalu adalah Korea Selatan. Sebagai teman baik, dia dan saya hanya sempat melakukan 2-3 kali plesiran bersama. Saya sendiri, sampai sekarang belum pernah plesiran seorang diri ke luar negeri, membayangkannya saja sudah cukup bikin saya ketar ketir.

Dari beberapa artikel yang saya baca, sebenarnya ada banyak keuntungan atau manfaat yang di dapatkan dengan melakukan solo traveling, salah satunya tentu saja meningkatkan keberanian dan kepercayaan diri. Selain itu pengaturan waktu juga menjadi lebih fleksibel karena tidak ada orang lain yang bisa diajak untuk berbagi terutama berbagi kepentingan dalam perjalanan.

Genk Jomplo

Ini genk saya jalan-jalan

Meskipun begitu, sampai sekarang saya masih lebih nyaman jika berpergian dalam kelompok. Menurut saya, berpergian secara kelompok pun gampang-gampang susah. Karena sebuah perjalanan sejatinya adalah menemukan diri kita yang sesungguhnya. Oleh sebab itu, walaupun berpergian secara berkelompok biasanya saya lebih memilih kelompok kecil, tidak lebih dari 5 orang, dan terdiri dari teman-teman yang saya kenal dengan baik. Alasannya sederhana, semakin kecil kelompok, semakin mudah untuk mengelola kepentingan seperti misalnya itinerary, akomodasi, dan lain-lain.

Dan kenapa teman baik? Ayolah, seorang yang dikategorikan teman baik, biasanya adalah orang yang cukup memahami karakter kita dengan baik pula, sehingga bisa meminimalisir konflik yang terjadi.Biasanya sik setiap kali pulang plesiran ikatan kami jauh lebih dekat dari sebelumnya, karena berbagai pengalaman yang dihadapi sewaktu plesiran. Saya sik sangat bersyukur, karena punya teman-teman baik yang juga bisa diajak plesiran secara mengasyikkan. Gimana ga seru dan asyik, kalau genk traveling saya yang cuma terdiri dari 4 orang itu punya fungsi masing-masing. Ada yang bertugas sebagai guide dan pembaca peta sekaligus penentu itinerary, ada yang bertugas sebagai bendahara yang akan mengurus keuangan selama perjalanan. Dan ada tukang panikan seperti saya. Beruntung konflik yang dihadapi selama melakukan perjalanan adalah konflik-konflik kecil seperti, milih makan nasi kandar atau nasi lemak!

Nyasar di Senai

Nyasar di Senai

Setiap perjalanan baik yang dilakukan seorang diri atau berkelompok, tentulah membawa banyak pengalaman. Pengalaman terakhir yang cukup bikin deg-deg-an waktu itu adalah kehabisan uang di hari terakhir perjalanan dan terpaksa stay over di bandar udara KLIA. Untungnya ketemu kedai burger franchise yang mengijinkan saya dan teman-teman untuk pake sofa-nya buat tidur. Makasih lho πŸ™‚

Saya percaya, persiapan dan kesiapan solo traveling jauh lebih matang dibandingkan group traveling, terutama kesiapan mental. Buat seseorang yang mudah panik seperti saya, solo traveling belum menjadi pilihan untuk agenda jalan-jalan ke depan. Isue yang menjadi concern saya adalah masalah aman dan nyaman. Berada di tempat yang tidak dikenal seorang diri bukankah cukup mengkhawatirkan?

Nah buat teman-teman yang suka bepergian, sebenarnya lebih nyaman solo traveling atau group traveling? Kalo misalnya solo traveling lebih nyaman, boleh dong bagi ke saya tipsnya agar nyaman dan aman melakukan plesiran seorang diri. Saya tunggu ya….

3 thoughts on “Solo Traveling atau Group Traveling?

  1. Aku belum pernah sih yang beneran solo travelling. Seringnya pergi sendiri, tapi sampe ke lokasi ada temennya. Bhahahahahahak. Biasanya ya paling ngga berangkat pasti minimal berdua.

    Like

Leave a Reply

