Hari ini Hari Blogger Nasional

Hari ini adalah hari blogger nasional.

Biasanya di hari blogger seperti hari ini, ingatan saya melayang ke pesta blogger yang hanya sempat dua kali saja saya menghadirinya, di tahun 2008 dan 2010 ( kalau tidak salah). Pesta blogger tersebut adalah ajang bertemu dengan para blogger keren dari seluruh Indonesia. Saya sendiri sudah ngeblog sejak tahun 2004. Dan sejak tahun itu pulalah hidup saya berwarna-warni dengan romansa dunia maya #halah.

Saya suka berselancar ke blog-blog teman lama, membaca postingan-postingan mereka, sesekali meninggalkan jejak. Karena seperti itulah dulu pertemanan saya dan teman-teman blogger dimulai. Dengan meninggalkan jejak berupa komentar lalu kemudian terjadi interaksi.

Saya sempat mengalami kevakuman cukup lama di antara tahun 2004-2015. Vakum untuk menulis blog, meski saya rajin membayar domain dan hosting. Saya mengalami apa yang disebut sebagai writer blocked, meski saya bukan penulis profesional, tapi percayalah, menulis blog itu membutuhkan banyak usaha. Usaha yang terdiri dari waktu, ide, dan energi itu sendiri. Di masa-masa kevakuman tersebut, saya mengamati bahwa banyak dari teman blogger telah berkembang pesat, ada yang menjadi blogger profesional, ada yang beneran menjadi penulis novel dan menghasilkan karya yang bagus (saya sering membeli buku hasil tulisan temen-temen blogger), menjadi terkenal, dan lain-lain.  Dan saya senang,  kalau kebetulan melihat teman blogger ada di televisi ataupun di media cetak, saya dengan bangga akan bilang, ‘itu teman saya lho. kami dulu sering kopdar dan ngomongin hal remeh-temeh’. Kadang-kadang tulisan para teman blogger ini saya perlihatkan sebagai contoh kepada mahasiswa di kelas, karena kebetulan saya mengampu mata kuliah strategi media online. Bahkan sekarang pun saya memacu mereka untuk menulis di blog, tentang apa saja.

Dan pada akhirnya saya memutuskan untuk mengakhiri masa so called writer blocked dengan ngeblog kembali di pertengahan tahun 2016. Bukan di domain yang sama, karena sejujurnya sebagai blogger yang cukup lawas dan faktor usia, saya lupa password! Iya lupa, padahal password saya adalah nama mantan pacar saya. Masalahnya mantan yang mana? Itu yang menjadi pe-er untuk diingat-ingat kembali. Untungnya masih ada penyedia blog gratisan bernama wordpress. Kenapa balik lagi? Karena sejujurnya, ngeblog dan bisa nulis apa yang ingin kita tulis itu semacam terapi. Ada hal-hal yang ingin dituliskan dengan santai, ketika pekerjaan kamu menuntut untuk menulis tentang hal-hal penting seperti penelitian dan jurnal ilmiah. Maka ngeblog menjadi semacam pelarian, agar saya bisa sedikit lebih waras. Bagaimanapun menulisi blogmu dengan cerita-cerita yang mungkin ala kadarnya itu masih jauh lebih menyenangkan.

Selamat Hari Blogger Nasional, kawan blogger. Sudah ngeblog hari ini?

 

 

6 thoughts on “Hari ini Hari Blogger Nasional

  1. Sekarang aku blogwalking lagi, setelah sekian lama…
    Berkat hari ini, bermunculan URL blog-blog di linimasa 😀
    Dan untungnya akun & password tersimpan di Keychain, kalau ngga ya bablas semua akun dari blog sampai email =))

    Like

  2. Aku masih rajin ngeblog sampai sekarang. Sempat hiatus dulu banget tapi kayaknya cuma sebulan doang. Rasanya menulis itu sudah mendarah daging dan gak bisa dihentikan. x)

    Like

  3. Kangen ngga sih komen-komenan kayak dulu, jaman nge-blog masih bisa nuis hal remeh temeh tanpa harus takut terlihat ngga keren. simpky karena emang pengen nulis aja gitu. :))))

    Like

Leave a Reply

