Nonton Film: The Accountant

Filmnya Mas Ben

Filmnya Mas Ben

Tidak ada satupun film Ben Affleck yang tidak saya sukai. Oke itu subyektif! Mari kita bahas filmnya saja bukan mas Ben.

Film bioskop yang saya tonton pertama (dan satu-satunya) menjelang bulan Oktober berakhir adalah The Accountant. Satu-satunya karena sepanjang akhir pekan Oktober, jadwal saya terlalu penuh, sehingga nonton film di bioskop menjadi sebuah kemewahan. Cukup ngomongin soal saya yang sok sibuk, yuk ngomongin filmnya saja.  Sudah saya sebut di awal, alasan saya menonton film ini adalah karena pemeran utamanya Ben Affleck. Iya sesimple dan sekonyol itu. Saya toh ga butuh alasan keren untuk nonton film kan? Oke ini subyektif lagi *grin*

Film The Accountant secara garis besar bercerita tentang Christian Wolf yang diperankan oleh Ben Affleck. Alur flash back ke masa Wolf kecil mengawali cerita keseluruhan the Accountant. Wolf yang merupakan penderita Aspergers sindrom atau lebih dikenal dengan Autis, mengalami trauma masa kecil yaitu ditinggal pergi oleh ibunya. Bersama adik lelakinya, Wolf dibesarkan oleh ayahnya yang seorang tentara dengan didikan yang cukup keras. Mereka dilatih bela diri sedari kecil. Tujuan sang ayah adalah agar Wolf dan Braxton dapat survive dalam hidup dan tidak dijadikan bulan-bulanan karena kekurangannya tersebut.

Wolf yang merupakan seorang jenius matematika memutuskan untuk menjadi seorang akuntan ahli yang kebetulan mempunyai klien – klien ‘unik’ seperti mafia, gembong narkoba dll. Nah, kebetulan si Wolf ini lagi dicari sama Raymond King dari Departemen Keuangan, karena dicurigai melakukan praktek ‘money laundry’ alias pencucian uang. Dari sinilah kemudian muncul kejutan-kejutan yang tidak terduga sepanjang film The Accountant, salah satunya adalah alasan Raymond King mencari-cari si Wolf bukan semata karena kegiatan pencucian uang yang dilakukan melainkan ada alasan lain di balik itu. Saya sendiri cukup surprise dengan kejutan di akhir film, tentang siapa partner si Wolf yang disebut dengan ‘The Voice’.

Meskipun bergenre action thriller, ada beberapa hal yang bisa ditertawakan di film ini. Tertawa karena memang beberapa adegan lumayan konyol, sehingga mampu menjadi selingan di antara adegan-adegan aksi yang cukup menegangkan. Ben Affleck juga cukup apik memerankan karakter Christian Wolf, bisa emotionless expression gitu sik,  dan pastinya ganteng :). Beberapa hal yang menjadi catatan saya dalam film ini adalah, bahwa sebagai penderita sindrom aspergers, memiliki kecenderungan untuk menuntaskan pekerjaan yang dimulai sampai selesai. Jika tidak, maka seperti ada ruang kosong yang akan membuat kacau. Catatan lainnya bahwa baik atau buruk keluarga itu segalanya. Ada satu adegan yang menurut saya Ben Affleck terlihat sangat keren, yaitu pada saat dia menemukan catatan keuangan dari Living Robotics hanya dalam waktu semalam. Di situ, mas Ben terlihat sangat pintar dan ganteng!

Secara keseluruhan, saya pribadi memberikan skor untuk film ini 6/10. Karena meskipun adegan aksinya seru, ada alur yang menurut saya terlalu dipaksakan dalam film ini, contohnya pertemuan si Wolf dengan adik lelakinya, Braxton. Entah mengapa menurut saya kok kurang pas. Bagaimanapun, di luar penilaian saya yang tidak mumpuni, The Accountant layak tonton. Selain seru, adegan aksinya menegangkan, bikin deg-degan dan pengin peluk pacar lama-lama.

Jadi kalau semisal punya agenda nonton akhir pekan nanti, tapi ga tahu mau nonton film apa di bioskop, saran saya tonton The Accountant, tapi dicek dulu ya masih tayang atau tidak di bioskop Semarang. 🙂

2 thoughts on “Nonton Film: The Accountant

  1. Aku suka banget film ini. Awal lihat poster kirain ini bakal jadi drama macam The Wolf of Wall Street, tapi ternyata jadi action yang cukup seru. Agak-agak mirip Jack Reacher malah. :))

    Like

Leave a Reply

