Semalam di Johor Bahru

Beberapa waktu lalu, saya dan teman-teman sempat mampir ke Johor Bahru, Malaysia. Bukan benar-benar mengunjungi, lebih tepatnya transit semalam, sebelum melanjutkan perjalanan menuju Penang. Perjalanan yang sebenarnya dilakukan karena dorongan impulsif tiket murah yang ditawarkan oleh Air Asia dengan rute Jogjakarta – Senai.

Kami tiba di Johor Bahru sudah cukup sore, sekitar pukul 16.00 waktu Malaysia. Bandara Senai sudah agak sepi, setelah menimbang beberapa moda transportasi kamu memutuskan untuk naik bis kuning yang tersenyum (literaly karena bisnya dicat warna kuning dengan emoticon senyum di seluruh body bis) ke arah kota. Harga tiketnya lumayan murah,  kurang lebih 2 RM saja. Sebagai kota terbesar kedua setelah Kuala Lumpur, Johor Bahru terlihat sedang sibuk melakukan pembangunan di penjuru kota. Ini yang kami lihat di sepanjang perjalanan kurang lebih 30 menit untuk sampai di terminal sentral Johor Bahru.

Naik Bus Kuning Tersenyum

Naik Bus Kuning Tersenyum

Sebagai (bukan) traveler wannabe, kami memutuskan untuk berjalan kaki saja dari terminal sentral menuju penginapan yang sudah kami pesan sebelumnya di sekitar daerah yang bernama jalan gereja. Ternyata berjalan kaki bukanlah pilihan yang tepat, karena penginapan tersebut jaraknya lumayan jauh bikin kaki gempor.  Dan inilah awal jalan kaki – jalan kaki lainnya selama 5 hari berpetualang di 3 kota di Malaysia  (nanti kalau sempat akan diupdate cerita yang lain).

Keliling Johor Bahru

Keliling Johor Bahru

Karena niatnya cuma sekedar transit, tidak banyak yang bisa dilakukan di Johor Bahru.  Kami hanya sempat menikmati kuliner lokal di pusat persiaran malam Johor Bahru.  Setelahnya kami juga memilih untuk menyusuri bagian kota yang letaknya tidak jauh dari hotel. Johor Bahru cukup bagus, rapi, dan tertib. Beberapa bangunan nampak mengikuti perkembangan aritektur terbaru. Selain itu beberapa tempat menyediakan ruang terbuka dalam berbagai bentuk seperti taman dan koridor bagi pejalan kaki yang cukup luas. Kami bahkan dengan asyiknya sempat berfoto ria di taman yang terletak di tengah tengah perempatan. Untung saja saat itu sudah tengah malam, jadi tak banyak aktivitas kendaraan lalu lalang. Kalau tidak, pastilah malu kami nih.

Foto di Tengah Perempatan

Foto di Tengah Perempatan

Sebelum menuju bandara, tidak sengaja kami menemukan sebuah gereja yang cantik tepat di belakang penginapan, namanya gereja katolik Maria Immaculata.  Gereja ini cukup kecil dengan perpaduan arsitektur eropa dan asia. Letaknya yang diapik gedung bertingkat kanan-kiri membuatnya menjadi sedikit tersembunyi, namun jika bersedia bertanya, maka akan menemukan tempatnya dengan mudah.

Gereja Yang Cantik

Gereja Yang Cantik

Mandatory Foto

Mandatory Foto

Sayang sekali, kami hanya transit semalam. Jika tidak digegas penerbangan ke Penang, mungkin ada banyak tempat yang bisa dikunjungi di Johor Bahru seperti Istana Bukit Serene, Taman Rekreasi Hutan Bandar, Teluk Danga, dan lain-lain. Nantilah, apabila ada kesempatan lain, syukur-syukur dibayari (maunya), akan senang rasanya untuk kembali ke Johor Bahru.

Sampai Jumpa di Penang

——

Beberapa hal yang menarik di Johor Bahru:

  1. Pengangkutan umum alias moda transportasi umum cukup bagus dan terjangkau
  2. Jarak dari Bandara Senai ke Johor Bahru tidak terlalu jauh
  3. Banyak mall dan bagus semuanya. Maklum, di Semarang mallnya itu itu aja
  4. Wilayah Persiaran Malamnya punya variasi jajanan yang melimpah, mulai dari halal sampai tidak halal. Lumayan pegel buat keliling, dan hampir semua makanannya enak.
  5. Udaranya cukup humid, mungkin karena terletak tepat dipinggir selat, sehingga bikin kulit cepet lengket.

 

Advertisements

2 thoughts on “Semalam di Johor Bahru

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s