Episode Sunrise Hunter

Sudah lama sebenarnya saya ingin sekali merasakan sensasi berburu sunrise di pegunungan. Selama ini saya adalah penyuka pantai dan penggemar senja.  Pengalaman pertama saya menyaksikan matahari terbit dari puncak pegunungan pada penghujung tahun 2015, menyisakan sebuah pengalaman yang ingin saya ulang lagi dan lagi dan lagi.

Makanya,  begitu ada kesempatan untuk bisa menyaksikan keindahan matahari terbit saya enggan menyia-nyiakannya.  Alhasil minggu kemarin bertepatan dengan hari yang kata orang adalah hari Valentine,  bersama dengan beberapa mahasiswa,  saya melakukan sunrise hunter ke puncak Sikunir Wonosobo.

Sabtu malam sekitar pukul 20.00 kami berangkat dari Semarang,  dengan mengandalkan gps,  karena tak ada satupun dari kami yang tahu arah dan jalan. Perjalanan yang harusnya ditempuh kurang lebih 4-5 jam perjalanan ternyata harus kami tempuh sedikit lebih lama.  Kami tidak memperhitungkan kendala kehilangan signal gps,  sehingga setelah kurang lebih 3 kali nyasar kami tiba di desa Sembungan pada pukul 02.00 dini hari.  Desa Sembungan adalah titik awal pendakian menuju puncak Sikunir yang merupakan desa tertinggi di Jawa Tengah.  Konon begitu yang tertulis di gapura desa.

Sambil menunggu jam pendakian yang dimulai pukul 03.30, saya memilih untuk beristirahat di warung yang banyak berjejer seraya menikmati secangkir teh panas (yang 2 menit setelah dihidangkan menjadi dingin).  Sementara mahasiswa mahasiswa saya ada yang memilih untuk mencari pengganjal perut atau tidur di dalam mobil.  Oiya kalau mau berkemah bisa juga,  karena di sinu juga disediakan tenda dan area perkemahan yang letaknya persis di pinggir danau.  Jadi berasa romantis gitu lah.

Tepat pukul 03.30, pendakian dimulai.  Bersama kami ada banyak rombongan dari berbagai daerah,  dari Jakarta,  Bandung,  Surabaya,  banyaklah.  Tak heran,  karena golden sunrise Sikunir memang cukup terkenal. Untuk sampai di puncak Sikunir membutuhkan waktu kurang lebih 30-40 menit perjalanan mendaki.  Jangan lupa siapkan senter,  atau bisa gunakan juga senter dari ponsel. Ada dua jalur pendakian yg bisa ditempuh,  yg satu merupakan shortcut sedikit lebih terjal,  yg satu sedikit landai tapi memutar.  Jangan kuatir kalau tidak kuat,  karena ada banyak petugas yang siap membantu.

Begitu sampai di puncak,  kami segera mencari posisi yang strategis untuk bisa menyaksikan detik-detik si matahari muncul.  Sunrise di Sikunir dikenal dengan sebutan Golden Sunrise,  karena memiliki cahaya keemasan yang memukau dan sangat indah.  Bisa menyaksikan dengan mata kepala sendiri adalah anugerah yang luar biasa.  Tepat pada tanggal 14 Februari 2016, saya bersyukur dan beruntung bisa berdiri di puncak Sikunir bersama banyak orang menanti sang matahari terbit.

Ps.  Beberapa tips yang bisa diperhatikan

1. Check dan ricek kondisi cuaca,  akses Sikunir akan jauh lebih aman untuk didaki ketika cuaca cerah.  Kalau hujan sebaiknya cari waktu lain.
2. Pastikan kondisi badan cukup fit,  karena ini modal utama
3. Kenakan pakaian yg cukup hangat,  karena udara di Sikunir dingin banget.  Siapkan jaket tebal,  kaos kaki,  sarung tangan,  dan penutup kepala.  Syukur syukur pergi sama pasangan,  jadi ada yg bisa dipeluk
4. Jika ingin menginap,  ada banyak homestay di sekitar Sikunir dan juga persewaan tenda,  jika tidak, bisa melakukan perjalanan malam hari seperti saya dan menunggu beberapa saat sebelum pendakian,  tp pastikan cukup istirahat sebelumnya.
5. Bawa senter atau penerangan yg dibutuhkan karena jalur pendakian relatif gelap.
6.  Jangan lupa makan.
7. Jika ragu melakukan pendakian mandiri,  bisa ikut tour.  Silahkan googling di internet ada banyak paket tour ditawarkan.
8. Terakhir jangan baper kalau pergi ga sama pasangan,  percuma,  karena ga bisa menikmati indahnya golden sunrise.